Sejarah Singkat
Berdiri dengan nama
Pusat Komputer (PUSKOM) UGM pada tanggal 18 Februari 1978. Pusat
pengolahan data dan penyajian informasi ini telah menjadi sarana untuk
mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, bagi seluruh civitas akademika
UGM dan masyarakat umum.
Perkembangan
teknologi komputer dan komunikasi mendorong Pusat Komputer menjadi Unit
Pelaksana Teknis (UPT) yang menyelenggarakan tugas sebagai Pusat
Pelayanan Teknologi Informasi UGM, sehingga pada 19 Juni 2004 UPT
Komputer berubah menjadi Unit Penunjang Universitas (UPU) dengan nama
Pusat Pelayanan Teknologi Informasi dan Komunikasi UGM (PPTiK UGM) yang
merupakan lembaga pelayanan yang berfokus pada pengolahan data,
interkoneksi kampus, dan repositori konten. PPTiK UGM juga
berpartisipasi dalam mengurangi pemanasan global melalui Paperless
Office.
Visi & Misi
Visi:
Pusat Informasi Rujukan Penyelesaian Permasalahan Bangsa
Misi:
Menyelenggarakan pelayanan teknis teknologi informasi dan komunikasi sebagai sarana perwujudan:
- Tri Dharma Perguruan Tinggi.
- Penyebaran ilmu pengetahuan.
- Peningkatan efektifitas dan efisiensi organisasi.
- Penyebarluasan informasi.
Layanan Teknologi Informasi
- Web Hosting
- Single Sign-on: http://im.ugm.ac.id/
- File sharing: http://upload.ugm.ac.id/
- Online Dictionary: http://kamus.ugm.ac.id/
- Videoteleconference
Fasilitas
-
2 laboratorium komputer yang terdiri dari 20 PC dan 40 PC dengan LCD proyektor.
-
Ruang Seminar dengan kapasitas 60 kursi dengan LCD proyektor.
-
Ruang Kelas
-
Open Cafe
Aktivitas
-
Sebagai Pusat Pelayanan Teknologi Informasi bagi 18 fakultas, dengan lebih dari 50.000 mahasiswa
-
Mendukung pengembangan dan pemeliharaan sistem informasi akademis
-
Pengelola jaringan perpustakaan
-
Pengelola jaringan komputer sebagai sarana intranet antar fakultas dan unit kerja lain di lingkungan UGM
-
Pengelola jaringan untuk mendukung e-campus
-
Pengolahan data massal berbasis formulir komputer
-
Sebagai konsultan Information Technology Studies
-
Pelatihan Teknologi Informasi bagi sivitas akademika dan masyarakat umum
-
Penyediaan koneksi internet untuk sivitas akademika UGM
POSS UGM (Pemberdayaan Open Source Software)
POSS (Pendayagunaan Open Source Software) Universitas Gadjah Mada adalah Pusat Pendayagunaan Open Source Software yang melakukan aktivitas berbasis Open Source. Fokus kegiatan dan layanan POSS UGM ditujukan untuk memberikan layanan terbaik dalam hal penelitian dan pengembangan aplikasi dan interopabilitas hardware, pusat data (repositori) konten ICT, pelatihan SDM, inkubator bisnis, layanan informasi dan konsultasi.
UGOS (Universitas Gadjah Mada Goes Open Soure)
UGOS, kependekan
dari UGM Goes Open Source merupakan sebuah layanan, yang sepenuhnya
memberikan dukungan dan pendampingan untuk melakukan proses migrasi Open
Source di Universitas Gadjah Mada. Kegiatan/program UGOS adalah salah
satu bentuk inisiasi mandiri UGM dalam rangka mendukung program
pemerintah yang dikenal dengan Indonesia Goes Open Source (IGOS) dan
menjadi bagian dari Jogja Goes Open Source (JGOS).
Safari
SAFARI (Sistem Analisis FasilitAs dan infoRmasI) adalah unit yang dibentuk sebagai unit penelitian dan pengembangan sistem-sistem informasi manajemen. Fokus kegiatan unit SAFARI ditujukan untuk memberikan layanan dalam hal konsultasi, analisis, pengembangan, perawatan, migrasi, penerapan dan pelatihan teknologi informasi berbasis open source. SAFARI telah menciptakan beberapa proyek pengembangan e-Government dengan pemerintah daerah, seperti Pemerintah Kota Yogyakarta, Pemerintah Provinsi Papua, dan Pemerintah Kabupaten Tegal.
Open Cafe
Open Cafe merupakan
perpustakaan dan ruang akses internet publik yang dilengkapi dengan 2
PC, 2 wide screen monitor dan video/audio mixer. Ruang ini dapat
digunakan sebagai tempat penyelenggaraan event-event/talkshow yang dapat
disiarkan ke universitas lain melalui videoteleconference. Ruangan
berkapasitas 30 kursi ini dilengkapi oleh aneka macam makanan dan
minuman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar