Jumat, 22 Februari 2013

layanan informasi dan komunikasi


Sejarah Singkat


Berdiri dengan nama Pusat Komputer (PUSKOM) UGM pada tanggal 18 Februari 1978. Pusat pengolahan data dan penyajian informasi ini telah menjadi sarana untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, bagi seluruh civitas akademika UGM dan masyarakat umum.
Perkembangan teknologi komputer dan komunikasi mendorong Pusat Komputer menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang menyelenggarakan tugas sebagai Pusat Pelayanan Teknologi Informasi UGM, sehingga pada 19 Juni 2004 UPT Komputer berubah menjadi Unit Penunjang Universitas (UPU) dengan nama Pusat Pelayanan Teknologi Informasi dan Komunikasi UGM (PPTiK UGM) yang merupakan lembaga pelayanan yang berfokus pada pengolahan data, interkoneksi kampus, dan repositori konten. PPTiK UGM juga berpartisipasi dalam mengurangi pemanasan global melalui Paperless Office.

Visi & Misi


Visi:

Pusat Informasi Rujukan Penyelesaian Permasalahan Bangsa

Misi:
Menyelenggarakan pelayanan teknis teknologi informasi dan komunikasi sebagai sarana perwujudan:
  1. Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  2. Penyebaran ilmu pengetahuan.
  3. Peningkatan efektifitas dan efisiensi organisasi.
  4. Penyebarluasan informasi.

Layanan Teknologi Informasi


  1. Email
  2. Web Hosting
  3. Single Sign-on: http://im.ugm.ac.id/
  4. File sharing: http://upload.ugm.ac.id/
  5. Online Dictionary: http://kamus.ugm.ac.id/
  6. Videoteleconference
Layanan ini tersedia untuk seluruh sivitas akademika: dosen, karyawan, mahasiswa, dan alumni.

Fasilitas


  1. 2 laboratorium komputer yang terdiri dari 20 PC dan 40 PC dengan LCD proyektor.
  2. Ruang Seminar dengan kapasitas 60 kursi dengan LCD proyektor.
  3. Ruang Kelas
  4. Open Cafe

Aktivitas



  • Sebagai Pusat Pelayanan Teknologi Informasi bagi 18 fakultas, dengan lebih dari 50.000 mahasiswa
  • Mendukung pengembangan dan pemeliharaan sistem informasi akademis
  • Pengelola jaringan perpustakaan
  • Pengelola jaringan komputer sebagai sarana intranet antar fakultas dan unit kerja lain di lingkungan UGM
  • Pengelola jaringan untuk mendukung e-campus
  • Pengolahan data massal berbasis formulir komputer
  • Sebagai konsultan Information Technology Studies
  • Pelatihan Teknologi Informasi bagi sivitas akademika dan masyarakat umum
  • Penyediaan koneksi internet untuk sivitas akademika UGM

POSS UGM (Pemberdayaan Open Source Software)


POSS (Pendayagunaan Open Source Software) Universitas Gadjah Mada adalah Pusat Pendayagunaan Open Source Software yang melakukan aktivitas berbasis Open Source. Fokus kegiatan dan layanan POSS UGM ditujukan untuk memberikan layanan terbaik dalam hal penelitian dan pengembangan aplikasi dan interopabilitas hardware, pusat data (repositori) konten ICT, pelatihan SDM, inkubator bisnis, layanan informasi dan konsultasi.

UGOS (Universitas Gadjah Mada Goes Open Soure)


UGOS, kependekan dari UGM Goes Open Source merupakan sebuah layanan, yang sepenuhnya memberikan dukungan dan pendampingan untuk melakukan proses migrasi Open Source di Universitas Gadjah Mada. Kegiatan/program UGOS adalah salah satu bentuk inisiasi mandiri UGM dalam rangka mendukung program pemerintah yang dikenal dengan Indonesia Goes Open Source (IGOS) dan menjadi bagian dari Jogja Goes Open Source (JGOS).

Safari


SAFARI (Sistem Analisis FasilitAs dan infoRmasI) adalah unit yang dibentuk sebagai unit penelitian dan pengembangan sistem-sistem informasi manajemen. Fokus kegiatan unit SAFARI ditujukan untuk memberikan layanan dalam hal konsultasi, analisis, pengembangan, perawatan, migrasi, penerapan dan pelatihan teknologi informasi berbasis open source. SAFARI telah menciptakan beberapa proyek pengembangan e-Government dengan pemerintah daerah, seperti Pemerintah Kota Yogyakarta, Pemerintah Provinsi Papua, dan Pemerintah Kabupaten Tegal.

Open Cafe



Open Cafe merupakan perpustakaan dan ruang akses internet publik yang dilengkapi dengan 2 PC, 2 wide screen monitor dan video/audio mixer. Ruang ini dapat digunakan sebagai tempat penyelenggaraan event-event/talkshow yang dapat disiarkan ke universitas lain melalui videoteleconference. Ruangan berkapasitas 30 kursi ini dilengkapi oleh aneka macam makanan dan minuman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar